Friday, December 25, 2020

Pengertian Mengenai RSI atau Relative Strenght Index Dalam Trading di Olymptrade

Pengertian dan Penerapan Relative Strenght Index pada Olymptrade 



Relative Strenght Index atau yang lebih dikenal dengan singkatan RSI, merupakan salah satu indikator pendukung yang sering digunakan oleh semua trader, baik itu forex saham dan lainnya. RSI dapat menjadi salah satu faktor yang dapat mengetahui, bahwa harga suatu pasar sudah jenuh. 

Banyak sekali berbagai macam indikator yang dapat kamu gunakan dalam meraba pasar, salah satunya adalah dengan Relative Strenght Index (RSI) ini. Dalam kesempatan ini, kita akan membahas, bagaimana sih cara kerja dari Relative Streng Index dalam mengambil keputusan bahwa harga akan naik atau turun ? simak selengkapnya.

Olymptrade merupakan salah satu platform trading yang hingga kini masih eksis digunakan banyak kalangan termasuk negara Indonesia. Platform ini menyediakan berbagai macam pasar dengan tingkat persentasi yang tidak mudah menurun. Hal ini tentu menjadi banyak pilihan dari trader untuk menggunakan Olymptrade sebagai platform tradingnya.

Apabila kamu belum mendaftar atau memiliki akun Olymptrdae, kamu tentu bisa mendaftar disini, 

Link daftar Olymptrade : Daftar 

Untuk memulai menggunakan indikator RSI, kamu dapat menemukannya di bagian sebelah kiri yaitu seperti, 


Setelah itu, kamu tinggal klik saya yang bertuliskan "RSI". Kemudian kamu akan melihat ada grafik pada layar seperti, 



Setelah kamu sudah menampilkan grafik dari RSI, kamu akan mulai untuk mengaplikasikannya kedalam perdagangan yang akan kamu lakukan. Selanjutnya, 

  • Bagaimana cara menyingkronkan RSI ini dengan harga market? 
  • Bagaimana cara pengambilan posisi market dengan RSI ?
Tentu dengan adanya indikator ini membuat kamu akan mudah untuk melakukan perdagangan. RSI dapat membuatmu mengetahui bahwa harga suatu pasar sudah jenuh, alias ia mau melakukan reversal. Tapi, apakah RSI ini memiliki keakuratan yang 100% ?

Tidak, tidak ada strategi atau indikator yang memiliki keakuratan 100%, hanya saja dengan adanya indikator dapat membuat kamu untuk lebih mengenali trend pasar atau arah harga pasar. 

RSI ini memiliki 3 bagian, disini kamu dapat melihatnya bahwa dalam indikator RSI terdapat 3 garis, yaitu garis atas, tengah dan garis bawah. 

Apasih, maksud dari 3 garis tersebut? 

Garis atas 

Garis atas pada RSI atau area 70, ini di indikasikan bahwa harga pasar sedang sangat tinggi. Bila harga ini melebihi garis area 70 ini, ada kemungkinan harga pasar tersebut akan melaukan reversal atau pembalikan arah harga, yang tadi berada di atas sehingga turun kebawah.

Garis tengah

Garis tengah pada RSI mengidentifikasi bahwa pergerakan arah pasar sedang sama, alias tidak kuat untuk naik dan tidak kuat untuk turun. Biasanya dalam hal ini pasar sedang dalam keadaan Sideways. 

Garis Bawah

Garis bawah yang terdapat pada RSI atau pada area 30, mengidentifikasi bahwa pergerakan harga pasar sedang sangat turun. Biasanya bila sudah melebihi garis area 30 ini, harga pasar tersebut akan melakukan reversal atau pembalikan arah harga dari turun menjadi naik. 

*Catatan :

Dalam menggunakan indikator RSI ini, tidak semua pasar saat menyentuh baik garis 70 atau 30 akan melakukan reversal atau pembalikan arah harga. Untuk memutuskan reversal atau tidaknya, kamu juga harus memahami tanda candle-candle reversal.


EmoticonEmoticon