Monday, October 5, 2020

Cara Mudah Mendapat Uang Hanya Dengan Menjual Gambar di Shutterstock

Mendapat uang dengan Shutterstock

Apa itu Shutterstock ?

Shutterstock merupakan salah satu penyedia berbagai macam jenis gambar, seperti fotograph, footage dan banyak lagi yang bisa kamu dapatkan secara gratis. Selain itu juga, ada beberapa gambar premium yang dimana bila kamu menginginkannya, kamu harus membelinya.

Jon Oringer merupakan founder dari Shutterstock yang berawal dari tahun 2003. Hingga kini , Shutterstock masih menjadi pilihan bagi mereka yang membutuhkan gambar - gambar yang indah. Bagi para blogger, tentu Shutterstock adalah sesuatu yang tidak asing lagi bukan.

Selain untuk mengambil gambar secara gratis, ternyata kamu bisa juga untuk mendapatkan uang dengan menjual gambar di Shutterstock ini loh.

Apakah benar, bila menjadi kontributor di Shutterstock akan mendapatkan uang ?

Benar sekali. Kamu akan mendapatkan uang atau bayaran sesuai kualitas foto dan minat dari calon pelanggan.

Berapakah yang bisa di dapatkan dari menjual per foto ?

Sayangnya, harga setiap penjualan sangat bervariasi, tegantung dari negara yang membelinya. Tetapi, disini Shutterstock juga sudah memberi info bahwa dalam 1 foto yang terjual akan mendapatkan $0.10. Tentu harga itu selalu berubah tergantung siapa pembelinya.

Foto apa saja yang bisa di jual di Shutterstcok ?

Semua foto tentu bisa di jual di Shutterstock, akan tetapi dalam beberapa kategori seperti halnya orang, interior, ada beberapa tambahan persyaratan khsusus. 

Daftar Shutterstock

Apa yang harus di lakukan untuk menjadi seorang kontributor di Shutterstock ?

Hal yang paling utama adalah mendaftar sebagai kontibutor Shutterstock. Untuk mendaftarnya, kamu bisa langsung menuju webnya, klik disini : Daftar Kontributor Shutterstock.

Setelah itu kamu bisa memulai untuk mengambil beberapa gambar dengan kamera ponsel, atau profesional kamera lainnya seperti kamera dslr, digital dan lainnya. Usahakan, gambar yang kamu upload ke Shutterstock memiliki ukurang minimal 2 MB. 

Karena, bila ukuran gambar yang kamu kirim ke Shutterstock kurang dari ukuran minimalnya, secara otomatis, gambar tersebut akan mendapatkan penolakan. Oleh karena itu, usahakanlah, gambar yang kamu kirimkan memiliki ukuran yang memenuhi kualitas standar Shutterstock.

Gambar yang di kirimkan mendapatkan penolakan, kenapa ya ?

Dalam beberapa kasus, penolakan sering terjadi, contohnya seperti;

  • Fokus - Ini mengindikasikan produk yang kamu foto tidak terfokus secara benar. 
  • Noise / Artifacts - Ini mengindikasikan bahwa ada beberapa bayang yang mengganggu pada gambar
  • Previously Submitted Content - Ini menandakan bahwa gambar yang kamu kirim sudah ada di Shutterstock ( biasanya, ini terjadi bila kamu menggunakan gambar dari internet. )
  • Visible Trademark - Gambar memiliki merk atau brand, namun tidak kamu tuliskan di deskripsi

Serta masih banyak lagi alasan penolakan lainnya. Maka dari itu, sangat di sarankan untuk mengambil gambar dengan fokus dan kualitas yang bagus. karena akan cepat untuk di review.

Gambar sedang di review, bisanya berapa lama prosesnya ?

Bila kamu sudah mengirimkan gambar, kemudian kamu akan melewati yang namanya proses review. Disini Shutterstock akan mereview terlebih dahulu mengenai gambarnya. Biasanya ini memakan waktu paling cepat sekitar 5 menit. 

Setelah melalui review dan gambar kamu di approve. Kamu di minta untuk memberikan informasi seputar gambar yang kamu kirimkan. Seperti halnya;

  • Deskripsi gambar
  • Kategori gambar
  • Tag gambar
  • dan lain sebagainya

Disini, kamu harus mengisi sesuai gambar yang kamu kirimkan dan menusikan tag serta kategori dengan benar. Karena, bila kamu salah dalam menuliskan tag atau kategori, gambar kamu akan sulit muncul di pencarian Shutterstock. 

Setelah semua selesai di isi baik dari informasi gambar hingga tag, hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah submit ke Shutterstock. Dan setelah itu tunggu gambar kamu tampil di halaman Shutterstock.

Berapakah minimal penarikan yang bisa di lakukan di Shutterstock ?

Minimal penarikan menggunakan Paypal yaitu sekitar $ 35. 

Sambil menunggu calon pembeli, kamu bisa mengirimkan gambar lagi. Tetunya dengan rajin mengirimkan gambar, kamu akan cepat untuk mendapatkan uang. Oleh karena itu, rajinlah dalam mengirim gambar yang berkualitas. 

Ini adalah contoh bila kamu mendapatkan pembeli; 



Bisa dilihat dari gambar tersebut, dari 9 gambar yang dikirimkan, hanya 2 gambar saja yang di approve. Sedangkan dari 2 gambar itu, hanya 1 gambar yang telah terjual. Untuk harga sendiri sangat tidak menduga - duga, 1 gambar saja bisa mendapatkan $12. 

Bayangkan bila gambar kamu yang di approve oleh Shutterstock ada ratusan gambar, mungkin kamu akan mulai menghitung, berapa besar jumlah yang akan kamu dapatkan bukan. Maka dari itu, ini adalah cara yang mudah untuk mendapakan uang.  

Tips Agar Di Approve Secara Cepat Oleh Shutterstock

Selain memberikan informasi mengenai cara mendapatkan uang dengan mudah di Shutterstock, mari kita bahas juga mengenai tips agar gambar yang kamu kirimkan cepat di approve dan tampil di halaman Shutterstock.

1. Pengambilan Foto Sendiri

Hal yang paling penting adalah kamu mengambil gambar sendiri. Dalam artian, foto yang kamu kirimkan tersebut adalah hasil jepretan kamu dengan kameramu. Mengapa ini harus dilakukan?. Mengingat banyak penolakan mengenai konten yang sudah di publish, ini adalah salah satu cara agar kamu memiliki kredibilitas di Shutterstock. 

Dengan karyamu sendiri, kamu tidak akan pernah pusing untuk takut ada pelanggaran atau penolakan terhadap gambar yang kamu kirim, karena itu adalah orisinil. Jadi, tidak akan terjadi yang namanya duplikat konten atau gambar.

2. Pemberian informasi yang jelas

Informasi yang kamu isi pada halaman Shutterstock harus sesuai dengan gambar yang kamu kirim. Ini akan mempercepat Shutterstcok untuk mereview. Karena, dengan adanya kategori serta info yang jelas, sangat memudahkan pihak Shutterstock untuk memilah gambar yang layak atau tdak.

Kurangnya informasi atau minimnya pengenalan deskripsi, akan mengakibatkan gambar yang kamu kirim tidak dikenali atau sulit untuk dicari. Maka dari itu, pemberian informasi pada gambar harus maksimal, karena selain membuat mudah di cari akan cepat juga untuk di review.

3. Kualitas Foto

Kualitas gambar tentu harus bagus. Karena gambar yang kamu kirim tentu akan di pamerkan di halaman Shutterstock. Untuk minimalnya usahakan di atas 2 MB. Saat ini dengan menggunakan kamera ponsel pun ukuran tersebut sudah tidak jadi masalah, karena bisa hingga 3-4MB hanya dengan kamera ponsel. 

Pengambilan gambar haruslah memiliki fokus dan pencahayaan yang baik. Agar terlihat lebih mewah, usahakan hindari noise atau bayang - bayang.  

Itulah beberapa tips agar gambar yang kamu kirim dapat dengan cepat untuk di approve oleh Shutterstock. Ini adalah cara mudah bukan untuk mendapatkan uang. Hanya dengan modal kamera serta pengambilan gambar, kamu sudah bisa mendapatkan penghasilan di Shutterstock.

18 comments

  1. Wow. This is good info for those with good photo-capturing skills to start generating income by sharing their pictures with Shutterstock

    ReplyDelete
  2. menarik ni. boleh la try gambar dalam hutan masa hiking tu. nature photo always the best. gittew haha. thanks sharing

    ReplyDelete
  3. wahhhh info menarik dan berguna ya untuk photographer yang mau jana pendapatan melalui gambar.

    ReplyDelete
  4. peluang terbaik untuk photographer menjana pendapatan. nice sharing :)

    ReplyDelete
  5. waa.. tak pernah terfikir nak jual gambar kat Shutterstock tapi nanti boleh try.. mana lah tau kan kot kot boleh tambah pendapatan.. hee~ terima kasih untuk perkongsiannya ya..

    ReplyDelete
  6. pernah belajar juga tentang shutterstock ni, tapi sampai sekarang tak submit gambar lagi. mungkin sebab tak confident dengan gambar yang diambil sendiri. :)

    ReplyDelete
  7. Pernah tahu tentang ini cuma nya belum berani nak post gambar. Ya ada kawan yang dah jual banyak gambar nya di sini. Lumayan katanya...

    ReplyDelete
  8. Yup ini memang betul sebab Sis ada kawan yang ada menjual gambarnya.. Ada juyga dia minta dua tiga gambar Sis dulu tapi sebab untuk kepentingan dia, makanya Sis tak beri hehehehe

    ReplyDelete
  9. Wah ini kali pertama madam dapat tau boleh jual foto kita kaptur sendiri. Unik sungguh yang mustahak bisa bikin wang. Pasti ada foto yang terbaik pernak kita snap dalam hidup ni. Siapa tau rakaman kita dimaukan orang. Great.

    ReplyDelete
  10. Yes, i have a friend who can cover his monthly expenses by just selling his photos online.

    ReplyDelete
  11. Saya ni banyak juga photo tapi tak pandai lagi nak jual di shutterstock ni. Dengar ramai dapat income lebih dari web ni. Nanti saya nak cuba juga

    ReplyDelete
  12. Wahhh menarik la... Ini sejenis motivasi untuk improve my photography skills so that I can earn out of it.. Thanks for sharing this...

    ReplyDelete
  13. Definitely a good place for those who want to earn from their skill that is photography. :) Will definitely check this out again in the future if I have a set of photos to be sold.

    ReplyDelete
  14. I like Shutterstock coz it provides many beautiful pictures. I should try to sell nice pics and earn money there too

    ReplyDelete
  15. Tq sharing nti blh tray npknya kenalah amik gbr cantik2 utk dijual

    ReplyDelete
  16. Kebanyakan rakan photographer akak ada akaun Shutterstock dan menjual di sana gambar-gambar mereka ambil ketika travel. Mostly gambar permandangan dan nature. Hehehe

    ReplyDelete
  17. Nice info. Tak pernah terfikir nak jual gambar dekat shutterstock. Tapi gambar kena menarik la baru ada orang nak beli kan?

    ReplyDelete
  18. Wow baru i tau boleh buat duit ye mcmni.. Nnt i boleh share to my friends nnt.

    ReplyDelete


EmoticonEmoticon